Minggu, 09 Desember 2012

BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT MATHEMATICS


Jika Anda merupakan seorang siswa, pelajar atau mahasiswa atau orang yang ingin belajar matematika dengan mudah, kini ada salah satu program gratis yang bisa mendukung dan membantu, Microsoft Mathematics. Software ini dikembangkan dengan menyediakan berbagai tools matematika untuk membantu mahasiswa/pelajar mengerjakan tugasnya dengan cepat dan mudah.
Dengan Microsoft Mathematics, kita dapat belajar untuk memecahkan berbagai persamaan langkah demi langkah, selain juga memahami kosep dasar aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan juga kalkulus. Software ini sebenarnya semacam kalkulator, seperti halnya RedCrab dengan berbagai fitur termasuk fitur grafik yang di design seperti kalkulator tangan.
Berbagai fitur tambahan juga tersedia, seperti pemecah masalah segitiga, konversi dari unit satu ke unit yang lainnya, juga pemecah (pencari solusi) dari sebuah persamaan. Dengan Kalkulator ini juga lebih mudah untuk membuat grafik 2D (2 Dimensi) maupun 3D (3 Dimensi).
Memakai aplikasi ini terbilang sangat cepat dalam melakukan rumus, begitu juga dengan karakter-karakter tertentu seperti tanda bagi dan kurang dalam matematika menjadi lebih komplit dengan adanya racikan karakter ASCII khas tulisan tangan. Sebagai contoh jika Anda ingin melakukan perumusan pembagian atau pecahan bilangan maka akan tertampil pula cara ke bawah seperti yang dipelajari sewaktu menjadi siswa. Aplikasi yang sangat bagus untuk belajar.
Dalam penggunaan Microsoft Mathematics berfungsi sebagai menyelesaikan soal  kalkulus, statistik, trigonometri, aljabar linear. Berikut adalah informasi dalam penggunaan Microsoft Mathematics :

Soal pertama
: Penyelesaian soal mengenai bentuk kalkulus (fungsi turunan)
Langkah 1 : Persiapkan Microsoft Mathematics
Langkah 2 : Klik fungsi turunan
Langkah 3 : Masukkan soal pada lembar kerja ( worksheet )
Langkah 4 : Klik enter kemudian akan muncul hasilnya.

Soal kedua : (d^2/dx^2)(x^2+3)
Langkah 1 : Persiapkan Microsoft Mathematics
Langkah 2 : Klik fungsi
Langkah 3 : Masukkan soal pada lembar kerja ( worksheet )
Langkah 4 : Tekan enter kemudian akan muncul hasilnya.
Untuk melihat grafik di 2D klik plot this exspression in 2D
Untuk membuat grafik 3D klik plot expression in 3D

Soal ketiga : integral x dx.
Langkah 1 : Persiapkan Microsoft Mathematics
Langkah 2 : Klik fungsi integral
Langkah 3 : Masukkan soal pada lembar kerja ( worksheet )
Langkah 4 : Tekan enter kemudian akan muncul hasilnya.
Langkah  5 : Untuk melihat grafik lakukan cara yang sama pada langkah sebelumnya.

Soal keempat
: Penyelesaian soal mengenai integral
Langkah 1 : Persiapkan Microsoft Mathematics
Langkah 2 : Klik fungsi integral dan masukkan soal
Langkah 3 : Tekan enter kemudian akan muncul hasilnya.
Untuk melihat langkah kerjanya bisa melihat pada Solution Step

Soal kelima
: Penyelesaian soal mengenai limit
Langkah 1 : Persiapkan Microsoft Mathematics
langkah 2 : Klik fungsi limit
Langkah 3 : Masukkan soal pada lembar kerja ( worksheet )
Langkah 4 : Tekan enter kemudian akan muncul hasilnya.

Soal keenam
: Penyelesaian soal mengenai sigma
Langkah 1: Persiapkan Microsoft Mathematics
Langkah 2 : Klik fungsi sigma
Langkah 3 : Masukkan soal pada lembar kerja ( worksheet )
Langkah 4 : Tekan enter kemudian akan muncul hasilnya.

Soal ketujuh : Penyelesaian soal mengenai phi.
Langkah 1: Persiapkan Microsoft Mathematics
Langkah 2 : Klik fungsi phi
Langkah 3 : Masukkan soal pada lembar kerja ( worksheet )
Langkah 4 : Tekan enter kemudian akan muncul hasilnya.

Dengan demikian menggunakan Microsoft Mathematics sangat memudahkan untuk mengerjakan soal matematika. Microsoft Mathematics 4.0 merupakan Software yang sangat berguna untuk membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan matematika, fisika, kimia ataupun dalam bidang pendidikan lainnya baik mulai dari yang sederhana sampai dengan perhitungan yang komplek.
Microsoft Mathematics 4.0 adalah software yang akan membantu anda mengatasi berbagai masalah perhitungan, khususnya membantu anda dalam menyelesaikan perhitungan dengan berbagai macam rumus mulai rumus dasar hingga rumus precalculus. Dengan kemampuannya yang begitu kompleks, maka software ini bisa dimanfaatkan oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Microsoft Mathematics 4.0 ini memiliki kemampuan untuk melakukan perhitungan mulai dari pra aljabar, aljabar, trigonometri, kalkulus, fisika. kimia, serta berbagai macam perhitungan, termasuk perhitungan dengan berbagai macam rumus.
Microsoft Mathematics 4.0 juga dilengkapi dengan tampilan graphing calculator, unit converter, dan panduan langkah demi langkah yang interaktif sehingga bisa membimbing penggunanya dalam mengetahui fundamental dari penyelesaian matematis.
Bagi anda yang ingin mendownload dan menggunakan Microsoft Mathematics 4.0 ini secara gratis dan legal

Fitur Microsoft Mathematics
Aplikasi ini mencakup beberapa fungsi lainnya seperti kalkulator grafik lengkap yang dirancang untuk bekerja layaknya kalkulator genggam. Software pembantu ini bahkan dapat membantu untuk mengevaluasi bentuk seperti segi tiga, mengonversi dari satu sistem ke sistem unit lainnya, dan memecahkan berbagai persoalan seputar persamaan. Berikut adalah beberapa fitur yang dihadirkan oleh software ini :
1. Langkah demi langkah pemecahan  persamaan (equation) - Dapat mempelajari langkah demi langkah pemecahan kasus persamaan. Dalam menyelesaikan perhitungan secara langkah demi langkah dan interaktif. Fitur ini akan membantu memahami kasus persamaan dengan lebih mudah dalam waktu yang singkat.
2. Graphic Calculator - Untuk mempermudah proses belajar, aplikasi ini menyediakan kalkulator berbentuk grafik. Anda juga bisa mengatur tampilan datanya dalam 2 dimensi maupun 3 dimensi yang berwarna.
3. Formula dan Equation Library - Rasanya kurang pas bila sebuah alat bantu matematika tidak memiliki formula dan equation library. Dilengkapi dengan database rumus penting hingga lebih dari 100 rumus yang sering digunakan dalam perhitungan.
4. Triangle Solver - Bila Anda selalu dihadapkan dengan sebuah permasalahan matematika seputar segitiga, alat ini sudah pasti dapat membantu Anda untuk menyelesaikannya. Mempunyai banyak metode penyelesaian yang akan membantu anda menyelesaikan perhitungan dengan cepat.
5. Unit Convertion Tools - Dari milimeter ke meter, dari centimeter ke kilometer, atau sebaliknya. Anda dapat dengan cepat menyelesaikannya dengan bantuan aplikasi ini. Lengkap juga meliputi panjang, luas, volume, berat, temperatur, tekanan, energi, daya, kecepatan, waktu, dan masih banyak lagi.
Pengujian - Dari berbagai fitur  yang ditawarkan aplikasi ini, kami menemukan beberapa hal setelah melakukan beberapa pengujian untuk mengetahui seberapa jauh kinerja aplikasi ini. Hasil yang diperoleh pun sangat memuaskan. Berikut beberapa hal yang kami temukan selama pengujian berlangsung.
Desain - Tampilan utama aplikasi ini tampak seperti Microsoft Office 2007 dan 2010. Sederatan menu berada di bagian atas sementara di sebelah kiri terdapat kalkulator yang terlihat seperti sebuah gadget. Jendela utama berada di sebelah kanan untuk penyelesaian persoalan yang sedang dihadapi.
Skin dan Color - Bila merasa bosan dengan tampilan default aplikasi ini, kita dapat menggantinya dengan berbagai skin yang telah tersedia, seperti Tecno, Luau, Traditonal, Snow, hot Rod, Sketch, dan Big Button. Anda bahkan dapat mengombinasikan skin yang tersedia dengan Color Scheme, seperti Black, Blue, dan Silver.
Feature - Semua feature yang tersedia berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang telah dijanjikan oleh Microsoft. Chart atau graphic yang tersedia dapat ditampilkan dalam bentuk 2D atau 3D seusai dengan keinginan. Formula dan equation, Trangle Solver, Converter, dapat berjalan baik tanpa kendala.
Impor dan Ekspor - Semua pekerjaan yang dilakukan menggunakan aplikasi ini dapat disimpan dengan ekstensi file .gwc. Dapat juga mengimport dan mengekspor tombol dengan ekstensi file .mbt.
Input - Ada dua cara untuk memasukkan input ke dalam aplikasi ini, yang pertama melalui keyboard seperti biasanya, yang kedua melalui drive pen dengan menekan tombol link yang tersedia. Pada saat pengetesan, aplikasi ini mengalami crash atau error saat kami mencoba meng-input melalui link.
Support - Penggunaan aplikasi ini tergolong sedikit rumit. Namun, akan mendapatkan bantuan penggunaan dari file panduan yang disediakan secara offline. Aplikasi ini mendapatkan dukungan penuh dari Microsoft sehingga bila Anda membutuhkan keterangan lebih lanjut mengenai aplikasi ini dapat mengunjungi situs resmi perusahaan ini.
Personal - Kemampuan aplikasi ini memang patut diacungi jempol. Aplikasi ini menyajikan feature yang dapat membantu para pelajar yang memiliki masalah dalam memecahkan kasus matematika. Nilai tambah lainnya adalah aplikasi ini tersedia secara gratis.
Persamaan matematika, tidak bisa diselesaikan dengan menggunakan kalkulator. Pasti banyak siswa SMA ataupun siswa perguruan tinggi yang mungkin dapat dikatakan pemalas ingin secara instan dan tidak bertele-tele dalam menyelesaikan bermacam-macam tugas matematika mereka yang tidak dapat dibantu oleh kalkulator. Banyak yang bertanya “Equation” yang disediakan microsoft word mungkin membantu, tetapi tetap tidak semua permasalahan matematika yang dapat diselesaikannya. Atau microsoft excel? Ya, segala jenis persamaan matematika dapat diselesaikan dengan yang satu ini. Akan tetapi masalahnya, terlalu banyak formula yang membuat kita pusing menggunakannya. Untuk menggunakan formula tersebut, bisa jadi lebih repot daripada mengerjakan suatu persamaan sendiri.
Microsoft telah mengeluarkan aplikasinya yang bernama “Microsoft Mathematics”.  Bukan hanya persamaan yang dapat diselesaikan, tetapi aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam rumus. Belum lagi tersedia alat untuk mengkonversi satuan.
Soal-soal matematika yang dapat diselesaikan oleh alat ini meliputi pra-aljabar, aljabar, trigonometri dan kalkulus. Dan tentu saja tidak berhenti sampai disitu, aplikasi buatan microsoft ini juga dapat menyelesaikan soal-soal fisika bahkan kimia dilengkapi dengan fitur grafik. Bisa juga mengkonversi dari satu sistem unit yang lain, mengevaluasi segi tiga, dan juga memecahkan sistem persamaan.
Aplikasi ini juga menyediakan grafik atau diagram kartesius dalam bentuk 2D (x dan y) maupun 3D (x, y dan z). Berbeda dengan microsoft excel yang langsung menampilkan hasil setelah formula diketik, Microsoft Mathematics menampilkan instruksi serta tahap demi tahap (step by step) dari proses penyelesaian soal. Tentu sangat membantu bukan bagi pekerjaan rumah siswa? Tetapi sebaiknya jangan digunakan jika hanya mempermalas kita dalam mengerjakan tugas, kecuali dalam situasi terdesak seperti deadline atau sebagainya.
Jika tidak disalahgunakan, Microsoft Mathematics fungsinya sangat luar biasa. Satu set aplikasi matematika ini dapat membantu kita jika tidak mengerti bagaimana cara memecahkan suatu soal yang rumit. Setelah soal tersebut kita tulis, kita dapat mengerti penyelesaiannya dan siswa dapat memahami konsep-konsep dalam mengerjakan soal tersebut, jadi tidak perlu lagi mencari guru privat ataupun bimbingan belajar yang notabene mengeluarkan lebih banyak dana. Mungkin, bagi para guru atau dosen juga perlu untuk memiliki aplikasi ini untuk diterapkan pada saat proses belajar mengajar di kelas demi kemajuan pendidikan Indonesia kedepannya. Untuk para karyawan yang berkutat di bagian hitung menghitung (eksak) seperti insinyur, akuntan, dan lain-lain fungsi Microsoft Mathematics juga tidak kalah penting bagi mereka. Dijamin, tidak ada kalkulator genggam dimanapun, keluaran perusahaan apapun yang menandingi kemampuan dari Microsoft Mathematics. Dijamin kemampuan aplikasi ini dapat Anda gunakan di suatu saat nanti.
Bagi yang tertarik silakan download disini

1 komentar:

  1. saya telah membaca juga menelusuri berbagai artikel yang ada disini memang banyak content yang bermanfat bagi saya, tak heran bila pengunjung blog ini ramai seperti situs forum yang sudah ternama? salam sukses

    BalasHapus

 

Copyright © Math Pro Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger